Minggu, 26 Oktober 2014

Layanan Sistem Telematika



LAYANAN SISTEM TELEMATIKA

Layanan Telematika adalah segala data yang diterima atau diperoleh oleh orang yang mengakses segala media informasi dan komunikasi baik dari internet maupun jaringan komunikasi lainnya.

Ada beberapa layanan telematika, antara lain :
1.      Layanan Telematika di Bidang Perdagangan
2.      Layanan Telematika di Bidang Pendidikan
3.      Layanan Telematika di Bidang Kesehatan
4.      Layanan Telematika di Bidang Informasi
5.      Layanan Telematika di Bidang Keamanan Data
6.      Layanan Telematika di Bidang Pelayanan Masyarakat

1. Bidang Perdagangan
            Pada masa kini, perdagangan tidak lagi mengharuskan pembeli bertemu dengan penjual dalam transaksi jual beli. Bahkan penjual tidak perlu memperlihatkan sample barang secara langsung.Perdangan dengan memanfaatkan jaringan internet sudah marak dilakukan, penjual hanya perlu menampilkan foto barang kepada calon pembeli. Pembeli dapat bertemu secara tidak langsung dengan banyak penjual pada saat yang bersamaan, sehingga tersedia banyak pilihan untuk pembeli dan efisiensi waktu.
            Proses pembayaran saat ini sudah disediakan sarana seperti paypall sehingga tidak perlu menggunakan fisik untuk pembayaran. Hal ini dapat meningkatkan proses perdagangan dan mengurangi terjadinya penerimaan uang palsu.
            Selain proses perdagangan online seperti yang dijelaskan diatas, telematika juga sangat membantu dunia perdagangan, misalkan dengan banyaknya perusahaan yang kini memasuki era perdagangan bebas mengharuskan relasi dengan perusahaan asing berjalan baik. Tidak perlu lagi perusahaan mengutus staff atau pejabat perusahaan untuk keluar negeri guna berdiskusi, teleconference sudah banyak digunakan untuk meeting antar perusahaan yang berbasis di beda negara.
Kekurangan    : Adanya kemungkinan penipuan dalam perdagangan online, diperlukannya akses internet yang baik dan cepat untuk teleconference dapat berjalan lancar.
Kelebihan        : Efisiensi waktu, efisiensi biaya.

2. Layanan Bidang Pendidikan
            Telematika telah merubah paradigm pendidikan Indonesia, yang pada zaman dahulu mengharuskan murid bertemu secara langsung dengan guru untuk proses transfer pengetahuan. Pada saat ini, sekolah secara umum dan guru pada khususnya, telah memanfaatkan layanan telematika untuk mentransfer ilmu pengetahuan dengan cara menyediakan pembelajaran di dunia maya melalui chat. Ataupun sekolah menyediakan e-book dan e-learning untuk dapat dipelajari dan diakses kapan pun oleh para siswa.
            Perkembangan ini secara tidak langsung telah mengefisiensi penggunaan kertas dan bahan bakar. Bayangkan jika perguruan tinggi mengharuskan para mahasiswa memiliki buku secara fisik dan selalu bertemu dosen untuk pembelajaran, barapa banyak kertas yang harus dicetak dan berapa banyak bahan bakar yang digunakan untuk proses tersebut.
            Pendidikan dengan memanfaatkan layanan telematika menjadikan belajar dapat dilakukan kapanpun dan oleh siapapun, tanpa dibatasi waktu dan usia. Meminjam buku tidak harus ke perpustakaan lagi, dapat langsung di download melalui media yang telah disediakan.
Kekurangan    : Adanya beberapa pengertian yang mungkin tidak tersampaikan apabila proses belajar dilakukan tanpa bertemu dengan guru atau pengajar.
Kelebihan        : Dapat mengefisiensi waktu, mengurangi pemakaian kertas.

3. Layanan Bidang Kesehatan
            Saat ini, beberapa rumah sakit telah memanfaatkan layanan telematika untuk membantu efisiensi waktu pelayanan kepada para pasien. Contohnya, system pendaftaran dan system farmasi telah terintegrasi dengan dihubungkan oleh system personal dokter. Apabila kita mendaftar di bagian pendaftaran, data dan riwayat kesehatan kita di rumah sakit tersebut akan langsung ada di system personal dokter. Saat kita masuk ke ruang praktek, dokter hanya perlu membuka data kita dikomputernya, dan menginput hasil pemeriksaan pada hari itu. Dokter mengirimkan daftar resep ke bagian farmasi atas nama kita, dan kita hanya perlu menunggu dipanggil oleh bagian farmasi.
Kekurangan     : Bila system off ada kemungkinan database akan terganggu saat diakses.
Kelebihan        : Efisiensi waktu, antrian secara adil berdasarkan urutan dokter mengirim resep ke bagian farmasi, daftar kesehatan pasien terkordinir dengan baik sehingga mencegah adanya keslahan diagnose walaupun berganti dokter.

4. Layanan Bidang Informasi
            Bidang ini adalah bidang yang sangat awal tersentuh oleh manfaat telematika. Saat telematika berkembang, informasi apapun menjadi sangat mudah untuk didapatkan, bahkan dibeberapa negara mengakses informasi adalah hak asasi. Berbagai informasi tanpa batasan ruang lingkup dapat disebarkan, diakses, dan dimiliki oleh siapapun dan kapanpun.
            Internet menjadi kebutuhan utama, karena dengan internet semua dapat membagi dan mengambil informasi apapun dari berbagai sumber, negara, golongan, agama, sehingga memungkinkan seorang murid dapat memiliki pengetahuan yang lebih dari gurunya, seorang seniman dapat mengetahui politik, dokter dapat membagi tips kesehatan dan konsultasi bagi siapapun, semua orang dapat berbagi cerita.
Kekurangan    : Karena informasi dapat diakses oleh siapapun menjadikan adanya sisi negative seperti informasi tidak layak diakses oleh anak dibawah umur, orang tua dan guru tidak dapat mengetahui sepenuhnya hal-hal apa saja yang telah diketahui oleh anak dan anak didiknya.
Kelebihan        : Informasi sangat mudah didapatkan, tidak perlu lagi travel harus menggunakan jasa tour, resep masakan berbagai daerah mudah didapatkan, adanya review dari banyak sumber tentang suatu hal.

5. Layanan Bidang Keamanan Data
            Bidang apapun juga memerlukan keamanan, baik keamanan system, keamanan akses, dan keamanaan nyata. Oleh sebab itu layanan telematika juga dimanfaatkan di bidang keamanan, misalnya kemanan data, untuk  saat ini telah banyak yang menyimpan data penting dan rahasia di dalam sebuah system dan database. Oleh sebab itu diperlukan keamanan untuk menjaga data-data ini agar tidak dapat diakses oleh orang yang tidak berwenang seperti dengan penggunaan password. Yang saat ini telah banyak dimodifikasi dalam bentuk scan ruas jari, retina mata, suara, dan lainnya.
            Saat user mengakses data rahasia, berarti data tersebut dalam kondisi terbuka. Untuk itu dibutuhkan keamanan akses data yang dapat mencegah user lain mengakses/menyadap data pada saat bersamaan. Contohnya dengan menggunakan verifikasi akses, membuat batasan akses, dan pesan peringatan apabila ada double akses.
Kekurangan    : Perlunya biaya cukup besar untuk setiap tingkat keamanan yang digunakan
Kelebihan        : Data dapat terjaga dalam satu wadah dan mudah untuk system kontrolnya.
6. Layanan Bidang Pelayanan Masyarakat
            Telematika semakin dimanfaatkan, pada saat ini telah banyak hal yang dahulunya menggunakan system manual dan memerlukan beberapa hari untuk prosesnya, sekarang telah berubah. Membuat KTP, Paspor, SIM, membayar pajak, telepon, air, listrik kini telah dikembangkan untuk memanfaatkan layanan telematika, telah dicanangkan agar pelayanan masyarakat ini dapat dilakukan dimanapun, secara online, dan terintegrasi. Kita tunggu saja layanan telematika pada bidang ini dapat semaksimal mungkin,agar semua masyarakat mendapat kemudahan untuk memenuhi kewajiban administrasi negara yang selama ini banyak menggunakan calo dikarenakan prosedur yang rumit dan waktu yang panjang yang harus mengorbankan waktu bekerja.
Kekurangan    : Masih belum maksimalnya sarana yang digunakan, sehingga membuat masyarakat belum dapat merasakan manfaatnya sepenuhnya.
Kelebihan        : Efisiensi waktu, membuat masyarakat lebih mudah untuk mentaati administrasi negara, mengurangi penggunaan jasa calo.

Saran
            Ditengah pesatnya perkembangan teknologi dan besarnya manfaat layanan telematika, pemerintah seharusnya mendukung dengan cara mempermudah akses internet bagi masyarakat, atau mungkin seharusnya internet adalah sarana yang seharusnya disediakan pemerintah diberbagai tempat.
            Perlunya pemerataan kemudahan akses, agar tidak hanya di kota yang mudah mengakses tetapi juga di daerah pedesaan.
            Lebih dimaksimalkannya lagi pemanfaatan layanan telematika diberbagai aspek kehidupan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

De_windows © 2008. Template Design By: SkinCorner