Jumat, 25 Januari 2013

HomeSchooling


HomeSchooling
Kegagalan 1: sosialisasi
Kurangnya interaksi, terutama dengan teman sebaya. Pergaulan dengan teman sebaya yang sangat terbatas. Padahal bergaul merupakan satu kebutuhan penting bagi anak-anak usia sekolah

Kegagalan 2 : kompetisi
Tidak melatih semangat berkompetisi. Padahal setiap saat kita harus bersaing untuk menjadi yang terbaik, dengan cara yang santun dan terhormat. Sedangkan Sekolah adalah tempat belajar yang khas yang dapat melatih anak untuk bersaing.

Kegagalan 3 : terisolasi
Sangat besar kemungkinan untuk terisolasi dari lingkungan sosial. Apalagi jika orangtua memilih untuk tidak bergaul dan bersentuhan dengan tetangga dan keluarga besarnya.

Kegagalan 4 : Pergaulan terbatas
Keterbatasan bergaul terutama dengan peer-group (kelompok seumur). Keterbatasan pergaulan dengan berbagai orang yang heterogen secara sosial, dapat membuat anak “takut” dan gamang dalam pergaulan di masyarakat secara umum

Kegagalan 5 : team-work lemah
Karena terbiasa belajar sendiri, sangat besar kemungkinan untuk membuat anak tidak terbiasa bekerja sama, tidak cepat dapat bekerja secara team-work.
Homeschoolers tidak terlatih berinteraksi sebagaimana di sekolah formal sehingga relatif tidak memiliki keterampilan team-work.

Kegagalan 6: kepemimpinan lemah
Homeschoolers agak sulit menjadi pemimpin karena jarang punya kesempatan memimpin, khususnya untuk memimpin dalam kelompok anak seumur.

Kegagalan 7 : kurang survive
Kurangnya interaksi denganteman sebaya dari berbagai strata ekonomi dan sosial membuat homeschoolers kehilangan kesempatan memperoleh pengalaman berharga untuk beradaptasi dan survive hidup bermasyarakat.

Kegagalan 8 : over protective
Karena interaksi dominan denganorangtua, maka anak homeschooling terbiasa merasakan perlindungan Orangtua yang lengkap. Hal itu membawa efek samping yang bisa mengurangi kemandirian anak.

Kegagalan 9 : terisolir
Terisolasi dari lingkungan sosial yang kurang menyenangkan, Memang membuat homeschooler aman dan nyaman, tetapi di bagian lain membawa dampak kurang siapnya homeschooler menghadapi ketidakpastian dan berbagai kesalahan, yang banyak terjadi.

Kegagalan 10: kehilangan masa indah sekolah
Kehilangan kesempatan bergaul dan bergabung dengan peer-group tim sekolah, misalnya tim olahraga, tim OSIS, tim PMR, tim Paskibraka, Cheerleader. Homeschoolers kehilangan masa indah bersekolah

Kegagalan 11: menambah biaya
Ketidakmampuan orangtua untuk menguasai materi pelajaran, sehingga harus mendatangkan tutor. Atau ingin bergabung dengan homeschooling komunitas, yang membebankan biaya komunitas pada pesertanya. Itu berarti menambah biaya

http://homeschooling08.wordpress.com/2012/06/06/kekurangan-dan-kegagalan-homeschooling-di-indonesia/

0 komentar:

Posting Komentar

 

De_windows © 2008. Template Design By: SkinCorner