Jumat, 29 Maret 2013

Masalah Pokok Ekonomi dan Pengaruh Mekanisme Harga



TEORI ORG UMUM

 


MASALAH POKOK PEREKONOMIAN
PENGARUH MEKANISME HARGA
SISTEM PEREKONOMIAN

Disusun oleh :
Nama       :  Dewi
NPM         :  11111949
Kelas         :  2KA43

Selalu ada banyak sudut pandang untuk satu hal. Ekonomi, salah satu aspek kehidupan yang dapat dilihat dari berbagai sudut pandang, bahkan setiap individu dapat memandang ekonomi dan segala hal yang berkaitan dengannya dengan sudut pandang individu, berbeda dengan pendapat yang lainnya.
            Ekonomi, aspek luas yang mempengaruhi kehidupan manusia secara global, dan merupakan aspek penting dalam menentukan tingkat kesejahteraan individu. Banyak permasalahan didalam aspek ini, namun kali ini akan dibahas masalah pokok dalam perekonomian. Ada 2 pandangan mengenai masalah ini, yaitu
  • Menurut Aliran Klasik,
1.      Produksi,  menyangkut masalah usaha atau kergiatan mencipta atau menambah kegunaan suatu benda berdasarkan kebutuhan yang sangat heterogen.

2.      Disitribusi, menyangkut kegiatan menyalurkan barang dari produsen kepada consumen dengan prinsip tepat sasaran.

3.      Konsumsi, menyangkut kegiatan menghabiskan atau mengurangi kegunaan suatu benda dengan prinsip tepat guna.

·         Menurut Aliran Modern

1.       What to produce > Menentukan barang dan jasa yang harus diproduksi , karena sumber daya yang terbatas sementara kebutuhan yang tidak terbatas, maka tidak semua barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat dapat diproduksi dengan praktis dan cepat.

2.        How to produce >Menentukan cara barang diproduksi. Dalam hal ini berlaku prinsip ekonomi, dengan modal sedikit mungkin mendapatkan hasil sebesar mungkin. Dan dalam memproduksi juga harus efektif dan efisien dalam hal waktu, bahan, dan teknologi produksi.

3.        To whom > Menentukan untuk siapa barang-barang diproduksi. Salah satu masalah ekonomi tentang bagaimana hasil produksi dibagikan adalah masalah tentang keadilan dan pemerataan distribusi. Dalam hal ini haruslah tepat sasaran dan tepat guna, barang hasil produksi haruslah sampai pada individu yang membutuhkan dan sesuai dengan tujuan perusahaan memproduksinya.

Pengaruh Mekanisme Harga

Dalam perekonomian, mekanisme harga sangatlah berperan penting terutama menyangkut masalah pokok perekonomian. Mekanisme harga akan menjadi pedoman dalam memproduksi barang, bahan baku yang digunakan, kualitas barang, jumlah produksi, jumlah pendistribusian, dan tingkat kemampuan konsumen untuk membelinya.
Jika tidak ada pengendalian terhadap mekanisme harga, produksi dan konsumsi akan tidak seimbang. Alur produksi sampai konsumsi juga akan menciptakan suatu mekanisme harga. Jika perusahaan telah mengatasi masalah pokok pertama, yaitu tentang produksi ( telah menentukan barang apa yang akan dibuat) maka perusahaan akan memikirkan tentang harga modal yang dibutuhkan untuk produksi sesuai dengan target pangsa pasar. Jika barang dibuat untuk kelas menengah ke atas, maka dapat menggunakan bahan baku yang relative lebih berkualitas dan mahal, begitu juga sebaliknya. Setelah barang terproduksi maka terbentuklah harga awal barang, selanjutnya bagian distributor untuk menyalurkan. Pembentukan harga selanjutnya adalah dapat berdasarkan jarak pengiriman barang dengan mempertimbangkan kemungkinan akan kerusakan barang yang terjadi, beserta kadaluarsanya. Selanjutnya setelah barang tiba, pembentukan harga akhir adalah di tempat konsumen dapat memiliki barang tersebut, seperti toko, pasar, swalayan, dan sebagainya. Dengan tingkat persaingan yang sehat dalam hal distribusi dan penjualan retail, maka harga dapat terkendali. Namun bila tanpa pengawasan, aka nada kemungkinan pihak-pihak tertentu menjadi mengendalikan harga, dan mengganggu mekanisme harga, yang pada akhirnya juga akan mengganggu perekonomian.

SISTEM PEREKONOMIAN
            Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrem tersebut.
Selain faktor produksi, sistem ekonomi juga dapat dibedakan dari cara sistem tersebut mengatur produksi dan alokasi. Sebuah perekonomian terencana (planned economies) memberikan hak kepada pemerintah untuk mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi hasil produksi. Sementara pada perekonomian pasar (market economic), pasar lah yang mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi barang dan jasa melalui penawaran dan permintaan.
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_perekonomian

0 komentar:

Poskan Komentar

 

De_windows © 2008. Template Design By: SkinCorner