Jumat, 29 Maret 2013

Perjodohanku Bag2



Awal

Pagi itu saat sarapan mama menegurku “ Vin, kamu besok malam ada acara gak? Lembur kantor misalnya?”

“memang kenapa ma?”

“Mama sama papa mau ajak kamu makan malam, bisa yah Vin?”
Nada suara mama bukan lagi bertanya tetapi seperti memerintah.

“Vivin ga janji ma, mudah-mudahan gada lemburan dadakan.”

“Atau kamu cuti aja vin besok, gimana?”

“Penting banget apa ma sampai harus cuti? Besok vivin usahakan.”
Aku beranjak dari tempat dudukku, dan berangkat kerja tanpa basa-basi lagi sama mama.
*****

“Ma, vivin langsung aja yah dari kantor, ga keburu kalau pulang dulu, mama smsin aja alamat tempat makannya’”

Aku mengirim sms ke mama, hari ini aku pulang agak telat dari kantor, jadi aku berniat untuk langsung pergi ke tempat makan malam. Hanya sesaat mama sudah membalas smsku, dan memberikan alamat rumah makan yang sudah dipesan papa.

“Hai vin, sini!”
Terdengar suara mama ku dari sebuah meja yang ternyata sudah ada beberapa orang disana, aku pikir hanya akan ada orang tua dan keluargaku. Setelah mendekat, aku agak ragu apakah aku kenal dengan beberapa tamu yang saat ini sedang duduk bersama orang tuaku.

“Vin, ini om Athan dan tante Ika, mereka dulu tetangga kita di rumah yang lama, kamu waktu itu belum lahir, papa lagi ada kerjaan bareng sama om Athan, makanya bisa ketemu lagi.”

“Oh, malam Om, malam Tante, maaf Vinnie terlambat datangnya.”

“Gapapa Vin, kamu ga terlambat kok, malah tante yang masih nungguin anak tante, dia masih dijalan katanya, sama seperti kamu, dia baru pulang kerja.”
Aku melirik ke mama, dan mendapat sebuah senyum penuh arti dari mama, senyum dengan maksud terselubung.

“Yaudah kita pesan duluan aja, gapapa si Niko biar nyusul aja, lagian ini udah lewat dari jam makan malam, waitress!”

Om Athan memanggil seorang pelayan untuk mencatat menu pesanan kami. Setelahnya om sibuk bicara bisni sama papa.

“Vin, mama kamu cerita kamu kerja yah? Kenapa ga bantu usaha mama aja?”

“Ah, belum kepikiran tante, masih pengen coba kerja dulu, sayang tante sama kuliahnya, yah lumayan buat pengalaman.”

“Iyah Ka, si Vivin mau aku suruh berhenti kerja, makanya aku pengen dia nikah, biar kalau sudah jadi istri bisa nerusin uasahaku, eh gimana mau nikah, pacar aja ga ada Ka, sejak kerja ga pernah tuh yang namanya ngenalin temen cowonya.”

“Ih mama apaan sih, Vivin masih enjoy kaya sekarang, orang jodohnya belum datang, yah mau gimana lagi, jangan dengerin mama yah tante, Vivin belum kepikiran nikah.” Aku nyegir kaku kearah tante Ika

“Kalau jodohnya sudah ada, mau dong Vivin nikah?”
“Yah mau aja tante, tapi belum kepikiran sekarang.”
“Terus  kapan mau dipikirinnya, ga inget apa berapa umurmu sekarang Vin? Udah hampir 25 tahun, wanita itu ga baik nikah terlalu tua Vin.”
“Benar kata mama mu Vin, jangan terlalu tua untuk menikah, nih seperti mama mu dan tante, anak sudah besar sudah bisa cari uang sendiri, tapi kita juga masih seger, masih kerja dan bisa jalan-jalan, kalau punya cucu masih bisa jalan-jalan bareng cucu.”

“Nah itu yang ditunggu datang, sini Ko!”
Terlihat om Athan melambai kepada seorang pria, usianya mungkin sebaya denganku.
“Malam om, tante, maaf telat, tadi agak macet. Kenalkan Niko”
Pria itu bersalaman dengan mama dan papa, Niko namanya, dan selanjutnya tangannya menuju kearahku.

“Niko”
“Vivin”

 “Gapapa Ko, nih makanannya juga baru datang, om sama tante senang kamu luangin waktu kesini.”

“Ah Niko juga ga terlalu sibuk kok om, malah seneng ada makan malam kaya gini.”

“Iyah Vivin, anak tante yang ini yah seperti kamu juga, sama-sama gila kerja, Niko kalau kerja bisa sampe tengah malem baru pulang, yah tapi karena dia laki-laki yah tante maklum aja dia kerja sampai begitu. Cuma yah masalahnya sama seperti mama kamu, Niko jadi ga pernah pacaran, udah lama dia jomblo, ga pernah main sama teman cewe, haduh pacarannya sama kerjaan nya.”
Aku dan Niko cuma saling melirik.
*****

“Vin, hari ini katanya Niko mau ajak kamu keluar, kamu temenin dia yah.”

“ Mama, Vivin bukan tour guide, lagian dia kan bukan anak kecil yang kemana-mana harus ditemenin kan?”

“Vin, tapi mama sudah bilang iyah sama tante Ika, pokoknya kalau Niko datang, kamu temenin dia yah, mama mau lihat lokasi dulu sama tante Ika.”
Aku manyun mengantar mama sampai ke pintu, dan melihat mobil mama sudah keluar pagar. Langsung aku teriak-teriak didalam rumah, apaan sih kaya anak kecil aja harus ditemenin, ga tau apa orang mau libur, mau istirahat, ih nyusahin, ga punya temen apa, sampai berani ngajak Vivin, kenal aja baru, untung anaknya tante Ika, kalau bukan mah sorry ye.

Ting Nong…

“Iyah sebentar!”
“Hai Vin, mama kamu udah bilang kalau aku yang anterin kamu?”
“Anterin kemana?”
“Lha, kata tante kamu hari ini mau jalan ke mol, ada yang mau dibeli, tapi mobil lagi dipake sama mama kamu dan mama aku, jadi kamu ga ada kendaraan.”
Aku menepuk kening ku sendiri, kena dikerjain mama.
“Oh, itu, iyah sih sebenarnya mau ke mol, tapi perut aku lagi rada sakit nih, jadi kayanya ga jadi, kamu pulang aja, maaf yah aku lupa bilang ke mama kalau aku sakit perut.”
Tanpa basa-basi lagi, aku tersenyum ke arah Niko dan menutup pintu.
*****

“Ma, bagus yah jebakannya, tapi sorry tuh ga manjur, si Niko Vivin suruh pulang lagi.”

“Eh Vin, kamu apa-apaan sih? Niko kamu usir gitu?”

“ Lha, kata Niko mama bilang ke dia minta anterin aku ke mol gara-gara ga ada mobil dirumah. Aku bilang aja aku tiba-tiba sakit perut jadi ga jadi perginya.”
Aku mulai menikmati makan malam ku.

“Vin, mama sama papa cuma mau kamu bisa temenan sama Niko, yah syukur-syukur kalau kalian jodoh, papa sudah kenal banget sama orang tua nya, dan tante Ika mau punya anak perempuan, kamu sudah dianggap seperti anak sendiri sama tante Ika.”

“Kata-kata mama itu betul Vin, temenan kan ga ada salahnya, kalau ga jodoh yah jadi teman aja, tapi ga perlu menghindar begitu.”

“Iyah, iyah, mau nya aja deh, Vivin males debat.”
Aku buru-buru menghabiskan makan malam ku, dan masuk ke dalam kamar. Besok hari Minggu, aku libur, dan kira-kira mama punya rencana apa lagi yah.

0 komentar:

Posting Komentar

 

De_windows © 2008. Template Design By: SkinCorner