Jumat, 29 Maret 2013

Perjodohanku Bag3



Dating

   Pagi ini tumben mama baik, dia bangunin aku tidur, dan ngajak aku pergi, kerumah tante Ika tapinya. Gapapa sih, tante Ika sebenarnya baik, mama berencana masak bareng tante, nah aku disuruh ikut nganter belanja, syukur-syukur kalau aku juga mau belajar masak bareng mereka. Lumayanlah daripada aku bengong dirumah.

   Pertama mama ngarahin aku ke supermarket, belanja dan belanja sekalian belanja keperluan rumah. Selesai dari kasir, mama nunjukin arah ke rumah tante Ika, disebuah perumahan di daerah tebet. Tante Ika ternyata usaha catering, pantes aja mama punya hobi baru, belajar gratis dari tante Ika.

   Aku sih walau ga pinter masak, apalagi hobi, tapi kalau sekedar nyalain kompor gas, taruh panci atau penggorengan, dan oseng-oseng sih masih bisalah. Tapi kalau buat kue, haduh aku nyerah sebelum berperang deh, benar-benar ngerasa ga bisa.

“Vin, hari ini ga ada acara kan? Temenin tante masak yuk, tante hari ini lagi ga ada pesenan, jadi bisa masak santai, mama kamu katanya cuma bisa sebentar, Cuma mau belajar satu resep aja katanya, nanti sisa nya kamu disini aja nemenin tante.”

“Boleh aja tante, Vivin lagi ga ada acara kok.”
  Mulailah acara memasak bersama, mama cuma belajar masak kakap asam manis yang di filet, mama agak suka masakan itu di restoran, mungkin berniat untuk masak sendiri mulai sekarang. Sekitar jam 2 siang mama pamit pulang duluan, karena mama ada pekerjaan. Jadilah aku berdua dengan tante Ika di dapur nya yang super lengkap. Tante membuat beberapa menu masakan, dan aku hanya sekedar membantu memotong bahan dan mengambilkan bumbu yang diperlukan. Hampir 3 jam lebih tante masak, dan sudah siap 4 menu, tinggal 1 menu lagi masih dalam proses, aku mau izin pulang ga enak karena tante masih tanggung masaknya. Nungguin tante selesai masak, bisa-bisa maghrib, dan ga boleh pulang. Aku baru ingat mobilnya dibawa mama, aku pulang naik apa kalau ga nunggu mama jemput.

“Ma, mama jemput Vivin kan?”

“Nanti kalau kerjaan mama udah beres yah, kalau Niko ada disana, minta tolong anterin aja, kalau dia masih belum pulang nanti malam mama jemput kamu.”

“Besok Vivin kerja nih, jangan malam-malam yah, ga enaklah minta dianterin, emangnya putri raja.”

Jam setengah 7, dan mama belum kasih kabar mau jemput, akhirnya aku berniat telepon taxi untuk jemput dirumah tante Ika.

“Tante, mama masih kerja, Vivin telepon taxi aja yah mau pulang.”

“Lho, makan disini dulu aja Vin, baru pulang. Nih tante masaknya banyak, kamu cobain juga yah. Nanti biar Niko yang anterin kamu, bahaya naik taxi malem-malem. Niko juga sebentar lagi pulang, tadi pagi dia pergi mancing sama papa nya.”

“Tuh, suara mobilnya, baru aja diomongin, makan dulu yah Vin sebentar.”
Tante berjalan menuju pintu luar, dan benar saja ada om Athan yang masuk bersama tante, ga lama kemudian Niko terlihat menenteng beberapa plastik dan peralatan pancing.

“Ko, makan malem bareng yah ada Vivin nih, tadi dia bantuin mama masak, nanti selesai makan tolong anterin Vivin pulang yah, mama takut kalau dia naik taxi malem-malem.”

“Ah, gapapa kok tante, pasti Niko juga cape pergi seharian masih harus nganter saya segala, saya bisa naik taxi aja tante.”

“Gapapa kok Vin, nanti aku yang anter aja.”
Yah, kali ini jebakan mama berhasil, aku makan malam bareng Niko dan keluarganya, terus dianter pulang sama Niko.
*****
Ting Nong..

“Vin, ada Niko dibawah, cepet turun!”

“Hah, iyah ma.”

  Aku keluar dari kamarku, baru aja selesai mandi sore, aku juga ga tau Niko mau kesini, mama seharian ini ga bilang apa-apa. Terakhir ketemu Niko, seminggu yang lalu waktu dia anter aku pulang.

“Hai Vin, sorry datang ga kasih kabar dulu, kita makan malam bareng yuk diluar.”

“ Oh, gapapa Niko, kebetulan tante belum masak, yaudah Vinnie biar makan bareng sama kamu.”

Aku melirik ke arah mama, manyun.
 “Yaudah, aku ganti baju dulu yah.”

Niko menyetir mobilnya, dengan tetap diam, Niko memang tidak terlalu banyak bicara. Minggu lalu saat mengantar aku pulang, dia juga hanya diam, sesekali bertanya pekerjaanku, itu saja. Kali ini dia menatap lurus ke arah depan mobil.

“Vin, mau makan apa?”

“Terserah kamu aja, kan kamu yang punya ide.”

“Sebenarnya, mama yang nyuruh aku ajak kamu makan diluar, aku ga bisa nolak permintaan mama.”

“ Ya ampun, Niko nyesek banget sih, jadi ga ikhlas ni ngajak makannya, yaudah ga usah makan, lagian sebenarnya kan bisa aja kamu bilang kamu ada urusan, ada acara, yah alasan lah.”

   Niko hanya diam mendengar suara aku yang ketus, dia terus mengarahkan mobilnya ke sebuah resto sea food, dan memesan beberapa menu untuk kami.

“Mau pesen apa?”

“Apa aja, seikhlas nya.”

“Ya ampun Vin, ga perlu ngambek gitu juga, anggap aja ini terima kasih aku karena kamu udah temenin mama masak, dan karena kamu udah buat mama suka sama kamu.”

  Aku cuma diam memandangi pemandangan disekitar resto. Kami makan tanpa banyak bicara, Niko juga sama sekali tidak berusaha mencuri perhatianku, aku jadi mulai bertanya-tanya pada diriku, Niko ini gay kah, atau aku kah yang tidak menarik, baru pertama ketemu cowo yang ga bisa basa-basi sama cewe hanya sekedar untuk mencairkan suasana gitu.
*****

“Gimana Vin, makan malam nya sama Niko tadi malam?”

“Kaku, bête, aneh.”

“Lho kok?”

“Kaya lagi makan sama patung.”

Aku buru-buru menyelesaikan sarapanku, sebelum mama bertanya lebih banyak lagi, dan menyusun jebakan lain untuk aku.

“Nia, sibuk ga? Keluar makan yuk sebentar”
Aku mengirim sms ke seorang sahabat ku, aku merasa butuh cerita tentang ide mama ku yang mulai aneh-aneh.

“Hai Nia, sorry yah ganggu….butuh curhat nih,, tapi sambil makan aja yah.”

“Ok say, kaya baru aja butuhin aku, dah paham pokoknya, kenapa lagi?”

  Tania, yang selama ini menjadi sahabatku, yang menggenggam tanganku saat aku menangisi pria yang pergi mencampakkan aku, Tania yang telinganya selalu siap mendengar apapun yang keluar dari mulutku, sahabat yang selalu mengerti saat aku manja, saat aku marah, saat aku senang, saat aku sedih, semuanya.

“Tan, kayanya mama punya rencana aneh deh, sejak kejadian makan malam itu, yang bareng sama keluarga tante Ika, ada aja kejadian, yang Niko disuruh nganter ke mol, yang aku jadi nemenin tante Ika masak sampai makan malam dirumahnya, yang terakhir ini nih, sampai Niko mau aja ngajak makan malem bareng tapi dia cuma diam, ga ada obrolan, dan paling bikin sebel, katanya dia disuruh tante Ika ngajak aku makan malem bareng.”

“Itu mah dijodohin Vin namanya.”

“Tapi sih mama papa bilang biar aku temenan aja sama dia, syukur-syukur kalau jodoh, kalau ga yah temen aja. Tapi masa temenan aja perlu pake strategi kaya gini.”

“Nah, itu mama kamu udah paham, kamu itu paling ga mau keluar atau jalan sama cowo. Temen cowo yang udah kenal  tahunan aja belum tentu mau diterima ajakan jalannya, apalagi ini yang baru kenal.”

“Tuh tau, aku juga sebenarnya males jalan sama dia, Cuma karena ga enak aja sama tante Ika, lagian dia juga mau-mau aja disuruh.”

“Itu dia sayang sama mama nya, ga berani ngebantah, ga berani nolak, ga berani bohong juga.”

“Tapi udah berapa lama Vin pedekate nya?”

“Hush, apaan sih, bukan pedekate. Yah udah 7 bulanan kayanya semenjak pertama ketemu dia, dan cuma beberapa kali aja jalan bareng dia. Ga tau deh Tan, dia sebenarnya baik, cuma diam nya kelewatan aja, udah gitu aku masih belum mau deket-deket cowo.”

“Mau sampai kapan Vin, yah jalanin aja, tapi jangan tutup hati kamu. Yang dulu yah biar aja, ga semua cowo seperti yang dulu. Tapi yah tetep harus hati-hati Vin, mungkin Niko udah punya cewe yang dia suka tapi mama nya ga tahu.”

“Kata kamu tadi dia anak baik, ga berani bohong sama orang tua, kalau dia suka orang lain kenapa ga bilang sama mama nya aja, jadikan aku ga perlu ikut repot begini.”
Aku dan Tania akhirnya mengganti topik pembicaraan kami, Tania menceritkan pekerjaan barunya, dan kami berpisah setelah selesai makan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

De_windows © 2008. Template Design By: SkinCorner